5 Macam Budaya Makanan Australia yang Populer

Setiap negara pasti memiliki budayanya masing-masing, termasuk Australia. Meski letak negaranya berdekatan dengan Indonesia, namun tidak banyak orang Indonesia yang tahu dengan budaya makanan Australia.

Masyarakat Australia juga dikenal sering makan di luar sehingga tidak mengherankan jika makanan tradisional Australia juga mendapatkan perlakuan adiboga. Biar kamu makin paham dengan budaya makanan yang ada di Australia, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Budaya Makanan Australia

Macam-macam Budaya Makanan Australia yang Populer

Masyarakat sering kali mengambil budaya makanan dari negara lain kemudian memodifikasinya. Tidak jarang juga mereka mengkreasikan makanan tradisional dan menyajikannya dengan cara yang lebih modern seperti beberapa hidangan berikut ini.

1.     Daging Babi Asap dan Telur Gulung

Daging babi asap dengan telur gulung merupakan salah satu makanan Australia yang populer. Makanan yang disajikan dengan roti gulung saus tomat ini merupakan budaya makanan yang diadaptasi dari tradisi masyarakat Inggris.

Hampir setiap daerah di Australia menawarkan sajian lokal satu ini dengan banyak variasi. Ada yang menyajikannya dengan kombinasi tomat segar dan bawang caramel atau telur goreng dan irisan mentimun.

Di beberapa café atau restoran Australia, kombinasi daging asap dengan telur ini biasanya disajikan dalam roti gulung artisan yang ditaburi atau diisi dengan biji-bijian. Gimana nih, penasaran dengan rasanya, kan?

2.     Lamington

Pernah dengar makanan dengan nama Lamington? Makanan asal Australia satu ini sebenarnya hanya kue bolu berbentuk kotak dengan saus cokelat dan kelapa kering. Kombinasi dari ketiga bahan ini rupanya menciptakan rasa yang nikmat, lho.

Karena rasanya yang khas dan tentunya nikmat, makanan lokal satu ini dijuluki sebagai kue nasional negara Australia yang banyak dijual di toko roti atau café trendi. Makanan asal Australia satu ini bahkan sudah banyak ditemukan di toko roti yang ada di Indonesia juga, lho.

Untuk menambah citarasa, sebagian orang Australia biasanya menambahkan isian krim dan selai di bagian tengah roti.

3.     Bucket of Prawns

Sebagai negara sekaligus benua, Australia memang dikelilingi oleh wilayah perairan. Maka tidak mengherankan kalau Australia juga memiliki hasil laut yang melimpah. Salah satu budaya makanan Australia yang populer yaitu bucket of prawns.

Bucket of prawns merupakan menu lokal Australia berupa udang masak dingin yang disajikan dengan ember atau baskom. Hidangan laut satu ini sering kali disajikan dengan bir atau anggur putih sebagai cemilan di pub atau bar Australia.

4.     Pai Daging

Pai daging khas Australia merupakan pastry yang berisi daging cincang yang diberi saus kental. Makanan satu ini juga menjadi bagian dari sejarah para pekerja Australia. Pai daging ini juga menjadi cemilan cepat saji yang banyak dijual di toserba dan pom bensi di seluruh wilayah Australia.

Seiring berjalannya waktu, cemilan ini mengalami inovasi dari versi klasik menjadi lebih modern. Ada banyak varian pai daging antara lain sapi dengan saus klasi, pai dengan isian kaki domba, pai kari sayur, dan pai kerang dengan krim.

5.     Roti Panggang Alpukat

Di Indonesia, alpukat biasanya dijadikan jus yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Namun, di Australia, alpukat biasanya disajikan di atas roti yang sudah dipanggang. Makanan lokal avo smash ini memiliki citarasa yang unik dan lezat.

Makanan ini sering disajikan dengan campuran keju feta, taburan garam laut atau biji wijen, atau olesan minyak zaitun murni. Selain itu, ada juga yang menyajikannya dengan telur rebus atau wijen hitam dan hummus bit.

Sekarang kamu sudah tahu macam-macam budaya makanan Australia, kan? Beberapa makanan khas Australia di atas juga sudah banyak ditemukan di toko roti, café, dan restoran yang ada di Indonesia. Jadi, kamu sudah tidak perlu jauh-jauh pergi ke Australia jika ingin mencobanya.