Resep Dan Cara Membuat Jengkol Kalio

Spread the love

Jengkol merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat disukai oleh berbagai macam daerah dan kalangan masyarakat, bahkan untuk masyarakat kelas atas sekalipun. Jengkol banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai macam daerah karena sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan ataupun hanya menjadi bahan tambahan dari suatu masakan. Salah satu masakan olahan dari jengkol yang banyak disukai adalah jengkol kalio.

Jengkol kalio merupakan suatu makanan olah jengkol yang berasal dari daerah minang. Kalio sendiri merupakan sebutan dari rendang jengkol yang masih setengah jadi, kuahnya pun masih berwarna coklat berbeda dengan rendang jengkol yang biasanya memiliki kuah yang berwara coklat tua menuju hitam. Bumbu kalio memiliki tekstur yang kental dan berair yang beraroma karamel kuat, sedangkan untuk rendang memiliki tekstur bumbu yang lebih kering, kasar, dan beraroma rempah yang menyengat.

Sama seperti rendang lainnya, kalio juga bisa berisi daging ayam, sapi, telur, limpa, cumi, hati sapi, dan jengkol. Namun pada artikel ini, yang kita bahas hanya jengkol kalio saja. Jengkol lebih sering diolah menjadi kalio dibanding rendang karena ketika jengkol diolah menjadi kalio, maka teksturnya menjadi lembut. Berbeda jika jengkol diolah menjadi rendang, maka teksturnya akan menjadi lebih keras.

Resep Membuat Kalio Jengkol

Bahan yang digunakan untuk membuat hidangan ini, antara lain 1 kilo jengkol yang sudah cuci bersih sehingga tidak bau dan direbus hingga lunak, kemudian 4 gelas santang dari 2 buah kelapa parut. Sedangkan untuk bumbun yang diperlukan, antara lain 100 gram cabai merah, 1 ruas jari jahe, 3 siung bawang putih, 1 ruas jari lengkuas, 1 ruas jari kunyit, 2 batang serai, 2 lembar daun kunyit.

Cara Membuat Kalio Jengkol

Agar Anda bisa memasak jengkol kalio ini dirumah, maka kami akan memberitahu Anda bagaimana cara memasaknya. Oleh karena itu, simaklah ulasan berikut ini.

  • Yang pertama adalah rendamlah selama beberapa waktu jengkol yang akan diolah ke dalam air kelapa untuk menghilangkan rasa getir dan bau pada jengkol. Kemudian jengkol direbus hingga memiliki tekstur yang empuk, lalu Anda bisa mengupas kulitnya dan mulai memotong jengkol dengan bentuk yang sesuai dengan selera Anda.
  • Setelah itu, blender semua bumbu yang sudah disebutkan di atas hingga benar – benar halus. Setelah halus, masaklah bumbu tersebut bersamaan dengan santan dengan sambil terus dilakukan pengadukan agar santannya tidak pecah.
  • Setelah santannya mendidih, masukkanlah jengkol yang tadi telah dikupas dan dipotong. Diamkan hingga jengkol matang dan santannya mulai mengental, kemudian angkat dan masakkan siap untuk dihidangkan.

Beberapa Fakta Tentang Jengkol Kalio

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa fakta menarik mengenai jengkol kalio, antara lain :

  • Umumnya jengkol kalio menggunakan jengkol yang berumur tua sebagai bahan utama. Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab jengkol yang sudah tua dinilai memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan jengkol yang masih muda ketika sudah diolah menjadi masakan.
  • Kalio juga bisa dibuat dengan bahan dasar lain selain jengkol. Di daerah asalnya, kalio sering dibuat dengan bahan dasar yang bermacam – macam, seperti daging sapi, kambing, hati sapi, ikan teri, dan lain – lain. Namun memang yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah jengkol kalio.
  • Kalio jengkol memiliki rasa yang pedas dan bumbu rempah – rempah yang sangat kuat. Hal ini merupakan sesuatu yang merepresentasikan Indonesia sebagai negara asalnya, sebab Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah – rempahnya.