Tips Makan Nanas Agar Tidak Gatal

Spread the love

Tips Makan Nanas Agar Tidak Gatal – Nanas merupakan buah tropis yang memiliki rasa segar manis yang khas dan unik, yang sangat lezat rasanya. Namun jika tidak bisa mengupasnya dengan benar maka akan menimbulkan rasa gatal yang harus dihindari. Berikut ini adalah tips makan  nanas agar tidak gatal.

Tips Makan Nanas Agar Tidak Gatal

Kupas dengan Benar

Kupas kulitnya sampai bersih dan iris buang mata yang ada pada buah nanas sampai benar-benar tuntas. Pilih juga sebelumnya nanas yang matang, hal ini selain bisa ditandai dengan aromanya yang khas dan lebih terasa dalam kondisi matang jika dibandingkan dengan aroma buah nanas pada saat mentah. Nanas yang matang selain lebih manis rasanya juga akan mengandung enzim bromelain yang lebih sedikit daripada nanas mentah.

Cuci dan Rendam dengan Air Garam

Nanas merupakan buah tropis, dan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Namun buah ini sering kali dihindari dengan alasan karena menyebabkan lidah jadi gatal. Padahal ada trik tertentu supaya lidah dan mulut tak lagi merasa gatal sehabis makan nanas. Mengingat banyak sekali manfaat buah nanas ini untuk kesehatan tubuh, yakni seperti adanya kandungan zat antioksidan yang dapat mencegah sariawan serta juga untuk meningkatkan imunitas, bahkan buah nanas yang manis segar ini juga mampu untuk menstabilkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Adapun penyebab imbulnya sensasi rasa gatal pada lidah dan mulut usai menyantap buah nanas ini dikarenakan nanas itu memiliki kandungan enzim protease juga di dalamnya. Nah enzim ini biasa disebut juga sebagai bromelain. Enzim Bromelain ini bisa dengan mudah mencerna protein yang ada pada jaringan di lidah pada saat buah nanas dikunyah. Lalu jaringan akan membentuk lendir, yang memiliki fungsi untuk melindungi mulut. Pada saat bromelain bekerja dan mulai menghilangkan lendir inilah maka lidah yang sangat sensitif, lantas bereaksi dan menyebabkan lidah menjadi terasa sedikit gatal ataupun ba’al. Enzim bromelin yang terdapat pada nanas tersebut selain untuk mencerna protein, juga dapat memecah asam amino. Salah satu cara untuk menghindari timbulnya rasa gatal atau ba’al pada lidah dan mulut sesudah mengonsumsi nanas maka sesudah nanas dikupas dengan benar maka lalu sebelum dimakan maka cuci terlebih dahulu nanas kupas tadi dengan air garam, atau agar lebih mudah lagi maka cukup rendam saja buah nanas kupas utuh tadi ke dalam larutan air garam. Lalu setelah beberapa saat maka angkat buah nanasnya dan kemudian tiriskan dan lalu bisa dipotong ke dalam ukuran yang lebih kecil dan sajikan. Air garam mampu untuk menghambat kerja bromelain, sehingga lidah dan mulut tak lagi merasa gatal.

Jangan Makan dan Buang Bagian Tengah Nanas

Selain kulitnya maka bagian tengah nanas juga bisa dihindari untuk dikonsumsi. Hal inj karena enzim bromelain tersebut paling banyak terdapat pada bagian tengah nanasnya. Jadi cukup konsumsi bagian pinggir buah nanas saja.

Makan Bersama Bumbu Garam

Pada beberapa negara seperti Thailand, dan juga di berbagai pelosok Indonesia, seringkali terdapat bumbu rujak yang terbuat campuran antara garam dengan cabai atau garam bersama gula jawa dan kacang yang menjadi bumbu rujaknya. Garam dan juga gula yang terdapat pada aneka bumbu rujak tersebut juga cukup ampuh untuk menghilangkan sensasi rasa gatal yang akan ditimbulkan setelah mengonsumsi buah nanas, dengan cara menghambat kerja enzim bromelain yang ada pada nanas. Jadi aneka bumbu rujak tersebut tak hanya akan menambah enak rasa hidangan buah nanas, tapi juga akan mampu mencegah timbulnya rasa gatal. Buah nanas juga enak dan dihilangkan efek gatalnya dengan dibuat menjadi asinan buah dengan mencampurnya dengan larutan air garam dan gula bersama cabai dan cuka.

Memadukan dengan Yogurt dan Ice Cream

Selain menggunakan garam, maka ada juga cara lain konsumsi nanas tanpa timbul rasa gatal  yakni dengan memadukannya dengan yogurt atau bisa juga dengan es krim yang akan mengurangi timbulnya rasa gatal di lidah, seusai menyantap buah nanas yang manis segar ini. Hal tersebut dimungkinkan karena enzim bromelin akan bisa mencerna protein yang terdapat pada es krim ataupun yogurt tersebut dan teralihkan reaksinya dari air liur yang timbul dari jaringan lidah.

Konsumsi Nanas dalam Kondisi Matang, Hindari Nanas Mentah

Matang disini bukan berarti matang alami buahnya  tapi buah nanas tersebut telah dimatangkan dengan air panas. Jadi dengan memanaskan buah nanas maka akan bisa mengurangi kerja atau reaksi enzim bromelain yang terdapat pada nanas. Sehingga bagi yang ingin membuat water infused dari buah nanas maka bisa merendam potongan buah nanas tanpa bagian tengahnya dengan air panas terlebih dahulu dan baru dinginkan lalu bisa dimasukkan ke dalam botol water infused. Nanas juga bisa dibakar selain dapat mematangkannya juga akan memunculkan gula yang muncul dalam proses karamelisasi pada saat dibakar sehingga rasa buah nanas tersebut bisa lebih manis, cocok juga disantap bersama dengan daging iris yang dibakar bersama nanas, sehingga potongan daging itu juga bisa lebih empuk dan memiliki rasa dan aroma yang khas, yang lebih lezat dan segar.

Itulah tips makan  nanas agar tidak gatal. Sebenarnya tak perlu khawatir pada lidah gatal usai makan nanas, karena hal ini hanya berlangsung sementara, sebab sel-sel yang terdapat di dalam mulut yang terpengaruh hanya sementara saja sifatnya dan akan segera dengan  cepat pulih dan beregenerasi kembali. Keberadaan enzim bromelain itulah yang akan membuat nanas bisa juga berfungsi untuk menjadi pengempuk daging, sehingga seringkali sebelum daging dimasak akan dilumuri terlebih dahulu dengan parutan buah nanas  atau bisa juga potongan daging dicampur dengan buah nanas dan lalu dimasak bersama bumbu-bumbu lainnya hingga menjadi masakan yang lezat dan empuk dagingnya.